PENIPUAN LAMARAN KERJA

           Suatu hari saya melihat di internet bahwa ada lowongan pekerjaan disitu saya langsung melamar via email saya mengirimkan semua persyaratan yang perusahaan tersebut , perusahaan asing ternama. Ketika saya dan teman saya mengirimkan lamaran saya via email sejam kemudian perusahaan tersebut langsung menelpon saya dan selanjutnya teman saya saya berfikir dengan teman saya seperti ada yang aneh kenapa respon perusahaan tersebut sangat cepat. Kami pun berfikir mungkin perusahaan tersebut memang membutuhkan karyawan cepat, saya pun langsug mengangkat telpon dari perusahaan tersebut dan mereka bilang kualifikasi lamaran saya diterima dan syarat yang terakhir bahwa saya harus datang untuk melakukan wawancara.

                Keesokan harinya saya berdua dengan teman saya berangkat menggunakan motor untuk melakukan interview, kami berdua sangat rapih dan mempersiapkan bahan wawancara. Sesampainya di kantor perusahaan tersebut di daerah kuningan Jakarta selatan, kami pun disuruh menunggu pada akhirnya kami berdua masuk dan kami heran ternyata yng melamar hanya kami berdua tidak ada orang lain yang sedang melamar. Kami pun melakukan wawancara panjang dan lebar sampai dimana seorang yang mewawancarai kami bilang kami harus membayar untuk uang administrasi sebesar 300 ribu rupiah. Ketika kami dmintai uang kami pun tidak langsung menyetujuinya karna saya dan teman saya hanya membawa uang 100 ribu. Dan yang mewawancarai kami bilang bias transfer dan saya bilang untuk mengambil uang saja di ATM terdekat. Ketika sampai di ATM saya dan teman saya mencurigai sesuatu karna, kejanggalan yang pertma saat kami di ruang HRD tidak ada satu pun computer atau laptop yang tesefia, kejanggalan yang kedua tidak adanya tumpukan file atau rak file, dan kejanggalan yang ketiga penguji yang mewawancarai kami menggunakan pakaian yang formal tetapi haya memakai sepatu kasual bukan sepatu formal. Kami berfikir sejenak lalu kami kembali pulang tanpa kembali ke perusahaan itu.

Leave a Reply

