Lembaga Pemasyarakatan untuk Memberikan Efek Jera

           Lembaga pemasyarakatan atau yang lebih dikenal lapas yaitu dimana masyarakat yang melanggar hukum akan ditahan sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan sesuai dengan pasal yang berlaku. Lembaga pemasyarakatan ini dibuat untuk merevisi atau membenahi masyarakat yang melakukan pelanggaran setidaknya mengalami efek jera.
kenyataannya bahwa penghuni lapas tidak merasakan efek jera untuk yang mempunyai modal uang banyak, banyak terjadinya kasus-kasus di dalam lapas yang membuat kita tercengang, banyak dugaan-dugaan adanya pemakaian fasilitas kusus untuk para tahanan korupsi, adanya transaksi barang narkoba di dalam lapas , dan lain sebagainya, memberikan tanda Tanya untuk masyarakat apakah hukuman dalam lapas sudah sesuai dengan pasal atau hanya sesuai untuk tahanan nara pidana yang tidak mempunyai uang banyak.
Awal tahun 2015 terungkap dan muncul pernyataan dari BNN (Badan Narkotika Nasional) bahwa 60% perdagangan narkoba dikendalikan dari dalam lapas. Pernyataan dari BNN sangat membuat gempar dan memunculkan opini-opini dari masyarakat, apakah keamanan di lapas sangat minim? atau adanya intrik sejumlah aparat lapas yang bekerja sama dengan bandar narkoba.
Baru-baru ini terdengar nama Gayus Tambunan seorang napi yang diduga mendapatkan akses keluar masuk lapas dengan tenang bahkan banyak bukti foto yang beredar bahwa gayus tambunan sedang berlibur ria, kita dapat berpikir seorang napi yang dapat keluar masuk dengan bebas saat hukuman tahanannya belum selesai apakah bias dilakukan oleh napi lainnya? Apakah hukum di negara ini sebegitu lemahnya.
Dari pembahasn diatas muncul banyak pertanyaan dan poin pentingnya yaitu kita sebagai warga negara Indonesia apakah akan diam atau hanya sebagai hiburan saat mendengar berita seperti ini. Pengawasan lapas minim atau memang banyak apparat yang melakukan pelanggaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: